Selasa, 30 September 2014

After Reading : Handle With Care -Jodi Picoult-

Aku sudah mendambakan, menginginkan, dan mencari buku ini ke segenap penjuru kota Jogja. Hasilnya nihil. Stock kosong di semua tempat. Dan kemudian dia pulang dari Jakarta dengan membawakan aku oleh - oleh buku ini. Terima kasih :)

Osteogenesis imperfecta. Ketika aku membaca buku ini, aku mencoba flashback pada semua bacaan referensiku tentang penyakit ini. Ya, aku pernah membaca di suatu tempat tentang penyakit ini. Tetapi belum pernah menemui langsung penderita penyakit ini. Apalagi yang tipe III seperti Willow. Mana yang akan kubayangkan? Menjadi si Willow yang terus menerus mematahkan tulang - tulangnya di sepanjang hidupnya, atau menjadi Charlotte yang terus menerus melihat anaknya kesakitan karena patah tulang.

Seandainya tahu lebih awal... seandainya... dan seandainya....
kata ini sudah berkali - kali aku gunakan di dalam hidup. Seandainya aku tahu akan begini, seandainya aku bisa berbuat begitu, dan sebagainya. Persis sama seperti Charlotte yang mengatakan "Seandainya Piper mengatakan Willow menderita OI lebih dini, tentu akan ada pilihan untuk terus mempertahankan kehamilan atau melakukan aborsi". Yang tentunya akan menjadi cercaan -ibu macam apa yang berniat mengakhiri hidup anaknya- -ibu macam apa yang tega berkata "aku tidak ingin kau dilahirkan"-

Kau tahu? Akan lebih mudah memutuskan saat aku belum terlibat secara personal kepadamu. Akan lebih mudah saat aku belum melihatmu. Tetapi saat semua sudah terikat, ketika kita sudah terikat satu sama lain, saat aku sudah menyadari keberadaanmu, apa yang harus kulakukan? Tidak mungkin aku bisa mengambil pilihan demi pilihan yang diajukan. Kau tahu semua sudah terlambat bukan??

Mungkin Charlotte akan berusaha menutupi semua itu dari Willow dengan mengatakan bahwa apa yang kukatakan adalah kebohongan. Sejujurnya, aku mencintaimu tanpa terbantahkan, seperti apa pun keadaanmu. Tapi aku, aku bahkan tidak bisa menjelaskan apa pun kepadamu.

Ibu yang berbakti adalah ibu yang mengikuti setiap langkah anaknya. Dan ibu yang baik adalah ibu yang langkahnya diikuti oleh anaknya. -Charlotte-

Kalimat yang terus berdenting di kepalaku seperti ratusan jarum jatuh. Menjadi Ibu macam apa kehidupan yang sedang kau jalani saat ini?

-inne_chan-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar