Selasa, 28 Februari 2012

Laut itu Indah bukan???

mengganti tampilan wallpaper hp, aku jadi ingat "suatu kejadian". di wallpaper itu aku sedang berdiri di tepi pantai dengan latar belakang laut. biru dan sangat memesona. bukankah laut itu indah? sangat indah. bumi beserta segala isinya ini diciptakan dengan penuh keindahan.
tetapi kemudian aku melihat ke bawah. kearah kaki dan ke arah pasir pantai. pasir dengan warna putih abu yang juga indah. banyak berbagau kerang dan batu laut yang terdampar di tepi pantai. sangat wajar bukan kalau mereka terbawa arus dan kemudian terdampar di tepian. tapi ada sesuatu yang kemudian menjadi tidak "normal". apakah itu???

SAMPAH. ya,sampah yang juga ada di sekitar pantai. aku sampai bingung kenapa ada banyak sampah di pantai ini. kebetulan saat itu aku singgah di sebuah pantai yang bukan merupakan tempat rekreasi. waktu itu sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan memang dengan sengaja menyempatkan diri untuk mampir ke tepi pantai yang terbentang di sepanjang jalan.
masih tentang sampah tadi, bentuknya bermacam - macam. mulai dari plastik bekas, botol bekas, dan masih banyak lagi. yang menjadi tanda tanya besar di kepala saat itu adalah dari mana asalnya semua sampah ini? apakah dari perahu - perahu nelayan yang berjajar di sepanjang pantai? atau dari mana?

Tiba - tiba saya melihat seorang ibu dari salah satu rumah penduduk di sekitar situ. dengan langkah pasti dia membawa tempat sampahnya yang sudah penuh ke arah pantai. kemudian dengan pasti juga, dia mengosongkan tempat sampahnya dengan cara membuang isinya ke laut. Astagaaa... aku bengong melihatnya. apa yang dia lakukan? membuang sampah ke laut? atau lebih tepatnya ke pantai. sekarang semuanya sudah terjawab. darimana asalnya sampah - sampah aneh ini.

disini aku bukannya mau mengajari apalagi menyuruh - nyuruh. aku nggak punya hak untuk menyuruh atau memaksakan sesuatu kepada orang lain. tapi tolong sebelum bertindak sesuatu dipikirkan akibatnya. alam ini indah loh...laut itu sangat bagus. airnya yang jernih akan menambah keindahan laut bukan? jadi menjaga dan bahkan membuat alam tampak lebih indah itu suatu hal yang sangat "bijaksana" kalau menurutku. karena toh bumi ini milik kita bersama. jadi kenapa tidak kita jaga dan kita rawat bersama???

-inne_chan-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar