Kamis, 15 November 2012

Buchaechum

Ada yang pernah mendengar buchaechum? hmmm...makanan apalagi itu? haha... *dasar saya otak makanan* Itu bukan makanan sayang... Buchaechum adalah tarian. Tari kipas yang berasal dari Korea. Tentunya ini adalah tari tradisional. Bukan tarian modern seperti yang ditarikan oleh girlband - boyband dari korea yang sekarang lagi booming.

Dulu saya pernah menari buchaechum ini. Loh? Kok bisa? Nah, jadi begini ceritanya. Di tempat kuliah saya dulu, ada mata kuliah yang super asyik. Namanya komunikasi lintas budaya. Nah tugas akhirnya, tadaaaa... kita (seluruh kelas) membuat festival lintas budaya di kampus. Tentunya terserah kita mau memilih budaya apa. Tidak ada paksaan dari dosen. Dan...kelompok kami (saat itu satu kelas dibagi menjadi 3 atau 4 kelompok) memilih kebudayaan KOREA. Eh jangan salah yaaa, waktu itu budaya korea belum se'booming sekarang ini. Jadi cukup sulit dan melelahkan juga mencari hal - hal yang berbau korea. kalo sekarang?? brrr...jangan tanya -____-"

Oke, kebagian peran menari, saya menari yang ceria saja. Buchaechum!! Untungnya saya suka menari. Dan gampang hapal gerakan tari. Meskipun setelah selesai digunakan, terlupakan secara perlahan. That's normal, right? Tarian ini sebenarnya sangat menyenangkan lho. Karena kita bermain dengan kipas. Jadi, pertama - tama kalian harus belajar membuka tutup kipas dengan cepat ya. Kalau sudah lancar baru deh hapalin gerakan tariannya. Yang paling susah menurut aku sih saat membuat "bunga" dari kipas. Sumpah itu memang gerakan yang paling ditunggu - tunggu karena bagus banget, tapiiiii.... bikin bunganya itu loh...susah bangeeet. Membuat bunga terlihat bulat sempurna apalagi -___-" gerakan yang membutuuhkan kekompakan dari para penarinya (semuanya loh ya) dan membutuhkan latihan berkali - kali.

Yah, meskipun belajar dalam waktu singkat, karena diburu - buru oleh jadwal festival, tapi hasilnya luar biasa. Kita dapet penghargaan #best #perform di acara ini :) *smile*. Buat yang mau belajar tari korea, buchaechum bisa menjadi pilihan yang sangat mengasyikkan menurutku :D

inne_chan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar